Minggu, 03 Mei 2015

Mengenali Berbagai Jenis Soal Psikotes & Tips Menghadapinya

 



___ Bismillahirohmanirohim ___

Assalamualaikuum .. .

      Hmmpp Sebelum kita membahas mengenai jenis Soal Psikotes, kita harus terlebih dulu mengerti Devinisi dari pSikotes itu sendiri ,, , Dan apa perbedaan dari Tes IQ dengan pSikotes . .  okelahhhh, Langsung aja Yukkk kita simak ^_^

Cekidott .

 

Devinisi Psikotes _

      Psikotes merupakan serangakaian tes untuk mengukur aspek-aspek individu secara psikis, dalam hal ini yang di kur adalah kecenderungan perilaku. Tes biasanya berbentuk tertulis namun dalam beberapa tes ada juga yang bersifat verbal atau visual. Misalnya saja evaluasi yang teradministrasi untuk mengukur fungsi tertentu. Yang paling umum adalah mengenai kognitif ( biasa disebut intelligence atau IQ ) dan afektif ( lebih bersifat personality atau juga emosional ). Ada pula yang mengukur langsung secara konatif, biasanya umum dilakukan dalam tes assessment. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa.

 

Devinisi Tes IQ _ 

      Tes IQ adalah serangkaian tes untuk memilih dan memilah manusia berdasarkan pada tingkat kecerdasannya. Intelegent quotient atau IQ ialah angka yang mana menjelaskan tingkat kecerdasan seseorang yang dibandingkan dengan sesamanya dalam satu populasi.

Jenis-jenis dari tes IQ :

Terdapat dua jenis dari tes IQ

1)   Verbal _ jenis ini menentukan tingkat kemampuan untuk menemukan konsep umum dari contoh yang disajikan : “ anjing, kucing, singa = hewan” , menentukan konsep yang tidak berkaitan dengan kelompok : “ burung, kelinci, monyet, mobil” , menemukan keteraturan dalam angka-angka, dan lain-lain.

2) Non-verbal = ini adalah tes yang didesain untuk mengukur kemampuan dalam membentuk kubus, mengorganisasikan gambar-gambar dari waktu tertentu dan urutan logika, membangun bentuk-bentuk dari bagian-bagian tertentu, dan lain-lain. beberapa tes ini sering kali ditujukan untuk menjelajahi pikiran abstrak anda, atau yang kompleks maupun yang mendetail.

 

Membedakan Tes IQ dengan Psikotes

Tes IQ Sebenarnya hanyalah merupakan salah satu bentuk pemeriksaan psikologis yang tujuannya mengukur aspek individu secara psikis.

Sedangkan IQ sendiri merupakan nilai suatu kecerdasan yang menunjukan pada tahapan atau kelompok mana seseorang itu berada, apakah termasuk kedalam superior, cerdas atau hanya rata-rata saja. Psikotes untuk calon karyawan seorang psikolog hanya memberikan laporan hasil pemeriksaan psikologis dan saran kepada suatu perusahaan mengenai calon pegawai yang akan dipekerjakannya, apakah sesuai dengan pekerjaanya atau tidak dengan pekerjaanya yang dilamarnya. Sedangkan penentu diterima atau tidaknya seseorang adalah pihak perusahaan berdasarkan hasil evaluasi yang menyeluruh dari serangkaian tes seleksi penerimaan karyawan, yang mungkin juga menyangkut keterampilan, psikotes, wawancara penilaian latar belakang, pendidikan dan pengalaman kerja.

      Psikotes atau pemeriksaan psikologi juga bisa dipakai untuk menelusuri bakat, penempatan karyawan, keperluan promosi serta mengenali kekuatan dan kelemahan karyawan. Dengan demikian, Psikotes membantu perusahaan untuk melihat apakah karier karyawan-karyawannya bisa dikembangkan lebih jauh lagi ataukah tidak.

 

 

Mengenali Berbagai Jenis Soal Psikotes & Tips Menghadapinya

1.   Tes Logika Aritmatika

      Tes ini terdiri atas deret angka. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola / kecenderungan tertentu ( Dalam wujud deret angka ) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut.

 

Tipsnya ... .

 

v  Jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja, yaitu jangan terpaku pada angka 3-4 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan kerena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.

v  Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asik dan terpaku hanya pada sebuah soal yang penasaran ingin anda pecahkan, lompati kesoal berikutnya karena terkadang soal dibawanya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.

 

2.  Tes Logika Penalaran

      Tes ini terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi. Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemampuan anda dalam memahami pola-pola / kacenderungan tertentu ( dalam wujud gambar ) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut.

 

Tipsnya .. .

 

v  Konsentrasi, Hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama.

 

3.  Analog Verbal Test

      Tes ini berisi mengenai sinonim / Antonim / Analog suatu kata. Yang diukur dalam test ini adalah kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebab akibat suatu permasalahan.

 

Tipsnya .. .

v  Apabila anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika ,anda bisa mem-bypass-nya dengan menghapal soal dan jawaban. Karna sering kali dalam tes ini soalnya relatif sama .

 

Contohnya :

ü  Wanita:Kebaya = pria :

a.   Sepatu

b.   Baju

c.   Topi

d.   Jas

ü  Kubus : Pyramid = empat persegi :

a.   Peti

b.   Mesir

c.   Pentagon

d.   Segitiga

 

4.  Kraeplien

      Tes ini terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur ( atas bawah ) dalam bentuk lajur-lajur. Calon pegawai diminta untuk menjumlahkan angka yang berdekatan dalam waktu tertentu disetiap kolom dan menuliskan disampingnya. Yang diukur dalam tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

 

Tipsnya .. .

 

v  Jangan sekalipun menggunakan pensil mekanis dalam tes ini melainkan pensil biasa atau pulpen saja, karena tes ini sangat terikat dengan waktu. Pensil mekanis membutuhkan di-Reload ketika ujung granitnya habis, mekanisme ini membutuhkan waktu sekitar 0.5-1 detik . Apabila anda melakukan Reloed dalam 10 lajur berarti anda telah kehilangan waktu sampai 5-10 detik.

v  Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan masing-masing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri diawal tes namun terpogoh-pogoh dipertengahan dan akhir tes. Kendalikan diri anda untuk menghemat tenaga.

v  Jangan sekalipun melakukan cheating terhadap waktu maupun hasil penjumlahan. Hal ini merugikan anda sendiri karena justru untuk cheating anda akan membutuhkan waktu sekian detik untuk memutus dan itu berarti justru membuang waktu dan membuat grafik penjumlahan anda tidak alami.

v  Hal yang paling penting dari keseluruhan tes kraeplein adalah Konsentrasi. Terkadang anda akan merasa blank pada pertengahan tes, namun anda harus bisa bangkit dan fokus lagi pada tes. Untuk itu kondisi fisik sangat berpengaruh. Usahakan tidak begadang dan sarapan dahulu sebelum berangkat tes karena model tes ini akan sangat menyedot energi anda.

 

5.  Warteg Test

      Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, 2 garis saling memotong, 2 garis terpisah, 7 buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana yang paling disukai, sulit dan mudah menurut anda. Yang diukur dalan tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.

 

Tipsnya .. .

 

v  Urutan menggambar sebaiknya anda membuat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5.

v  1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku / misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif.

v  Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomer 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda.

 

6.  Draw A Man Test ( DAM )

      Test ini mengharuskan anda untuk menggambarkan seseorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

 

Tipsnya .. .

 

v  Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulut, dan telinga.

v  Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya :

_ pak petani yang sedang membawa cangkul,

_ eksekutif muda sedang menenteng koper dsb.

 

7.  Army Alpha Intelegencw Test

      Tes ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk. Soal satu soal kadang terkait dengan soal sebelumnya. Yang diukur dalam test ini adalah kamampuan daya tangkap anda dalam menerima dan melaksanakan intruksi dengan cepat dan tepat.

 

Tips .. .

 

v  Konsentrasilah kepada apa yang dikatakan narator, karena narator tidak akan mengulang intruksi tersebut dan waktu yang diberikan sangat terbatas. Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberi intruksi.

Contoh soal Army Alpha :

      Contoh gambar yang berisi angka genap lebih kecil dari 8 dan gambar yang berisi angka ganjil lebih besar dari 5.

Isosceles Triangle: 4Regular Pentagon: 95
7
 
Flowchart: Connector: 3Reserved: 8Right Triangle: 9
10
 
                                                         

 

Coretlah gambar yang memiliki sisi lebih dari 4 yang mengandung huruf konsonan


Flowchart: Decision:  A
Hexagon:  D
 


Right Triangle: wFlowchart: Manual Operation:  EParallelogram:   PHexagon:  OFlowchart: Extract: HCross: L                                                     

 

 

8.  Menggambar Pohon

      Tes ini terdiri atas tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria : Berkambium ( dicotyl ), Bercabang dan berbuah. Sehingga tidak diperbolehkan kepada anda menggambarkan jenis pohon jenis bambu, pisang, semak belukar ataupun jenis tanaman monocotyl lainnya.

 

Tipsnya .. .


v  Pada setiap tes menggambar pohon ini gambarlah pohon nangka , karena pohon tersebut mewakili jenis tanaman dicotyl / berkambium.

v  Walaupun anda tidak begitu pandai dalam hal menggambar, usahakan menggambar secara detil dan rinci setiap komponen dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon.

v  Untuk berhasil yang lebih maksimal , fotolah pohon tersebut kemudian latihlah kemampuan menggambar anda dengan mengacu pada foto tersebut.

 

9.  Edwards Personal Preference Schedule ( EPPS )

      Tes ini terdiri atas pilihan-pilihan jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tes ini dipergunakan untuk mengetahui berapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang.

 

Tipsnya .. .

 

v  Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda, setidaknya yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang dinomor-nomor berikutnya, sehingga apabila jawaban tidak sinkron, hal ini akan merugikan anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yag anda lamar.

v  Secara keseluruhan, tes EPPS ini memang tidak sulit untuk di-adjusment ( diakali ), namun setidaknya ada beberapa pertanyaan yang bisa di-adjusment untuk disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang anda pilih. Misalnya ketika anda melamar menjadi pegawai bank , pilihlah jawaban-jawaban yang mencerminkan kejujuran, keteraturan, kedisiplinan dan mampu bekerja dalam teanwork.

v  Karena sulitnya proses adjustment terhadap test ini, jalan paling praktis yang dapat ditempuh adalah memperbaiki diri ( Self improvement ) anda dalam segala hal, setup diri anda menjadi seakan-akan seseorang profesional dalam setiap tingkah laku keseharian anda seperti : jujur, tepat janji, tanggung jawab dan disiplin, akan tertuang tanpa anda sadari dalam hasil tes.

 

 

TIPS MENGHADAPI PSIKOTES

 

ü  Anda harus yakin terlebih dulu, bahwa posisi/pekerjaan yang akan dimasuki  lewat psikotes itu benar-benar sesuai dengan kemampuan andan dan sebaiknya juga sesuai dengan keinginan anda.

ü  Persiapkan diri dengan istirahat yang cukup. Serimgkali, seseorang sebenarnya mempu mengerjakan tes. Namun, ketegangan atau kondisi tubuh yang tidak prima mempengaruhi hasil tes menjadi jelek. Oleh karena itu, anda harus beristirahat satu atau dua hari sebelumnya agar kondisi fisik anda menjadi prima.

ü  Pastikan anda sudah tahu tempat tes. disarankan beberapa hari sebelum tes, anda sudah mengetahui tempatnya, bahkan sudah melihat tempatnya.

ü  Baca kembali surat surat lamaran dan CV anda, karena ada beberapa tes yang menanyakan hal-hal yang terkait dengan surat lamaran dan CV anda. Jangan sampai jawabannya berbeda dengan CV anda.

ü  Sebaiknya anda berlatih berbagai soal psikotes, sehingga anda menjadi benar-benar siap menghadapi psikotes dengan hasil maksimal.

ü  Sebelum berangkat ke tempat tes, berdoalah terlebih dahulu sesuai dengan keyakinan anda.

ü  Usahakan untuk tiba sepuluh menit lebih awal, dan jangan lupa untuk makan dan minum secukupnya agar kondisi fisik tetap prima.

ü  Walaupun tidak diminta, jangan lupa untuk membawa peralatan alat tulis menulis dan membawa jam.

ü  Setiap psikotes ada pemetaannya, artinya setiap tes ada tujuannya. Ada tes ketelitian, kreativitas, dan kecerdasan. Hal-hal seperti itu harus diantisipasi dari awal. Jadi, persiapkan mental sejak awal.

 

PADA SAAT TES

v  Umumnya, pada setiap lembar jawaban/soal psikotes, anda diminta mengisi isian nama, tanggal, dan yang lainnya.begitu anda diperbolehkan untuk mulai mengisi, jangan menunda untuk mengisinya, serta isilah dengan lengkap dan rapi.

v  Dengarkan baik-baik setiap pengarahan dari pengawas tes, dan ikuti semua arahan/petunjuknya. Demikian juga petunjuk yang ada disetiap soal tes, jangan lupa untuk membaca petunjuk tersebut terlebih dahulu, barulah anda mengerjakan soal tes. Jadi jangan langsung mengisi/menjawab soal yang ada, tanpa membaca/mengetahui cara/peunjuk pengisian.

v  Jangan enggan untuk bertanya ke pengawas tes bila ada sedikit saja yang anda tidak mengerti, maka langsung tanyakan ke pengawas tes yang ada. Dan jangan pernah bertanya kepeserta disebelah anda, tetapi bertanyalah ke pengawas tes yang ada.

v  Jangan melihat jawaban oranglain, karena akan membuat hasil anda bertentangan dengan kondisi yang sesungguhnya. Isilah apa adanya, untuk jenis-jenis soal tertentu, jawablah yang mudah terlebih dahulu

 

 

 

sekian infonya,, semoga bermanfaat J

 

1 komentar:

  1. What is a casino? - DrMCD
    In 논산 출장샵 Casino, 춘천 출장샵 players 나주 출장마사지 can choose between traditional slots or slots and receive 충청북도 출장마사지 free money 천안 출장샵 rewards. To choose a bonus, the player must create their name and the player

    BalasHapus